Minggu, 21 Juli 2013

Indian and Pakistan Tradissional Dance


India dan Pakistan merupakan negara yang berdekatan, sehingga tak heran apabila daerah di perbatasan memiliki budaya yang sama, termasuk berbagai jenis tarian. Maupun daerah yang jauh dari perbatasan memiliki jenis tarian yang hanya memiliki modifikasi berbeda. Di India maupun Pakistan tarian berkembang dengan baik, karena sebagian besar masyarakatnya memiliki kegemaran menari dan di dukung dengan kebiasaan ritualisme agama Hindu dan Budha. Diantara tari rakyat dari India dan sekitarnya yang terkenal luas ialah :
Tari Giddha
Giddha ( Punjabi : ਗਿੱਧਾ, gidhā) adalah tarian rakyat populer perempuan Punjab di India dan Pakistan. Tarian ini sering dianggap berasal dari tarian kuno yang dikenal sebagai tarian cincin dan sama energik seperti Bhangra dan pada saat yang sama menghasilkan kreatifitas yang menampilkan feminin, elegan dan elastisitas. Ini merupakan bentuk tarian yang sangat berwarna-warni yang sekarang disalin di semua wilayah negara.
Gadis atau perempuan umumnya membentuk sebuah lingkaran untuk mulai melakukan gidha. Semuanya bertepuk tangan dan bernyanyi bait kecil. bait ini adalah humuorous dan sponken dalam bahasa Punjabi. ( Punjabi : ਬੋਲੀਆਂ, bōlīāṁ) atau boliyan atau bolis . Kemudian, dua atau tiga dari mereka datang ke pusat lingkaran dan melakukan tarian. Boliyan ini, atau dua baris-puisi yang dikenal sebagai bait , mencakup berbagai tema seperti ekses yang dilakukan oleh suami dan ibu mertua. Para Punjabi salwar kameez (tunik atas dan celana longgar yang dikenakan oleh perempuan di India dan Pakistan) atau khagra (rok berwarna-warni yang dikenakan oleh perempuan di India) dalam warna cerah dan kaya biasanya dipakai oleh wanita dalam tarian ini. Biasanya, tidak ada alat musik yang disertai dengan gidha, kecuali kadang-kadang dholak (kecil dua drum yang dipimpin) dan memberikan ritme untuk dansa. Perempuan bertepuk tangan dan / atau gemerincing sendok untuk menjaga irama. Tepukan tangan yang khas para penari adalah fitur yang menonjol dari bentuk seni.
Mimikri juga sangat populer di Gidha. Seorang gadis mungkin memainkan pengantin laki-laki berusia dan pengantin muda lainnya; atau satu mungkin memainkan bertengkar adik ipar dan lain pengantin rendah hati. Dengan cara ini Gidha menyediakan untuk semua forum terbaik untuk ventilasi dari emosi seseorang. Tari Gidha memasukkan adegan kehidupan desa kapas wanita berputar, mengambil air dari sumur, menggiling, dll. Hal ini disertai dengan Boli yang tepat dan lagu.
Tari Bhavai
Bhavai adalah genre rakyat tari populer di Rajasthan negara di bagian barat India . Para pemain laki-laki atau perempuan keseimbangan sejumlah pot tanah liat atau kuningan sebagai pitcher mereka menari dengan gesit, dan kemudian bergoyang pirouetting dengan telapak kaki mereka bertengger di atas gelas, di tepi pedang atau di pinggiran dari kuningan yang thali (plate) selama kinerja. Iringan disediakan oleh para pemain laki-laki menyanyikan lagu-lagu merdu dan memainkan sejumlah instrumen musik, yang meliputi pakhwaja, dholak , jhanjhar, sarangi , dan harmonium.
Secara tradisional, ini genre tari ini dilakukan oleh para pemain perempuan milik Jat, Bhil, Raigar, Meena, Kumhar,dan Kalbelia masyarakat dari Rajasthan. Hal ini diasumsikan bahwa tarian genre berevolusi dari keterampilan keseimbangan luar biasa dari wanita ini masyarakat dikembangkan untuk membawa sejumlah pot air di kepala lebih dari jarak jauh di padang pasir.
Tari rakyat lain yang muncul dan berkembang di bagian India dan sekitarnya missal : chhau dari Benggala Barat, Jharkhand dan sambalpuri dari Orissa, serta Ghoomar (tarian rakyat tradisional wanita) dari Rajasthan, India. Ho Jamalo adalah tarian Sindhi dan juga lagu Sindhi dinyanyikan dalam bahasa Urdu. Hal ini juga nama tari di Sindhi yang khusus hanya untuk mereka.
Tari Punjabi
Tari Punjabi adalah array dari rakyat dan agama tarian dari orang Punjabi adat ke Daerah Punjab mengangkangi perbatasan India dan Pakistan . Gaya tarian Punjabi berkisar dari energi yang sangat tinggi untuk memperlambat dan pendiam, dan ada gaya khusus untuk pria dan wanita. Beberapa tarian sekuler sementara yang lain disajikan dalam konteks agama.
Tarian biasanya dilakukan pada waktu perayaan, seperti pernikahan Punjabi , di mana setiap orang didorong untuk menari. Punjabi pasangan menikah biasanya menari bersama pada tahap tertentu dari pernikahan. Tarian suami dalam gaya tarian Punjabi laki-laki dan menari istri dalam gaya tarian Punjabi perempuan.
Tari Sammi
Sammi ( Gurmukhi : ਸੱਮੀ, Shahmukhi : سمی), bentuk tarian tradisional yang berasal dari masyarakat suku Punjab . Para penari yang mengenakan warna yang cerah kurtas dan rok mengalir penuh disebut lehengas . Sebuah ornamen perak yang aneh rambut dikaitkan dengan tarian ini. Tarian ini populer di Sandalbar wilayah Pakistan. Tarian ini dilakukan oleh wanita Baazigar, Rai , Lobana dan Sansi suku. Legenda mengatakan bahwa tarian ini awalnya dilakukan oleh Putri Sammi dari Marwad untuk menunjukkan emosi yang berlebihan pada pemisahan dirinya dari Rajkumar Suchkumar dari Rajasthan .] Para menahan diri dari lagu Sammi paling populer adalah "Sammi meri van" yang menyinggung nama Sammi aslinya dalam dirinya Rajasthan asli, "Marvan."

Tari Jhumar
Jhumar atau Jhoomar adalah bentuk hidup dari musik dan tarian yang berasal dari Multan dan Balochistan di wilayah Pakistan , tetapi berkembang di Punjab (Pakistan) & Sandalbar daerah. Ini adalah bentuk lebih lambat dan lebih berirama Bhangra. Jhumar berasal dari Jhum - yang berarti bergoyang. Lagu-lagu membangkitkan kualitas yang mengingatkan bergoyang. Meskipun isi dari lagu-lagu yang bervariasi-mereka biasanya suka dengan lagu-lagu emosional juga. Jhummar adalah tarian ekstasi. Dilakukan secara eksklusif oleh laki-laki, ini adalah fitur umum untuk melihat tiga generasi - ayah, anak dan cucu - menari bersama-sama. Tarian tanpa akrobat. Gerakan lengan hanya dianggap keahlian utama. Jari-jari kaki musik ditempatkan di depan dan belakang dan liku diambil ke kanan, kadang-kadang penari satu tempat tangan mereka di bawah tulang rusuk di sebelah kiri dan menggerakkan tangan dengan tangan kanan.
Jhumar adalah tarian rakyat dilakukan selama musim panen di Punjab. Ini adalah demonstrasi hidup dari kebahagiaan manusia. Tarian ini kebanyakan dilakukan oleh Baluchi dan Saraiki orang Punjab Selatan.

Tarian Bhangra
Tarian Bhangra disebut juga Tari Folk Punjab, merupakan salah satu tarian kebudayaan kaum suku Sikh. Ia merupakan suatu bentuk tarian yang mana ia untuk meraikan penglibatan dan kejayaan dalam tuaian yang baik dan berasal daripada wilayah Punjab di India dan Pakistan. Dalam bentuknya sekarang telah populer di Jammu dan Kashmir, dan Himachal Pradesh, Haryana dan Punjab Pakistan. Bhangra adalah bentuk yang indah tarian yang terutama dilakukan untuk merayakan kehidupan dengan semangat, antusiasme dan energy dengan warna warna cerah. Kostum,Gerakan dasar Bhangra berkaitan dengan kegiatan pertanian. Biasanya ditarikan di acara pernikahan, resepsi dan pihak-pihak.


Tarian Bihu
Bihu tari ( Assam : বিহু নৃত্য, Hindi : बिहू नृत्य) adalah tarian rakyat dari India negara bagian Assam yang terkait dengan festival Bihu . Para Bihu adalah kelompok tari yang laki-laki dan perempuan menari bersama tapi mempertahankan peran-peran gender yang berbeda. Secara umum, perempuan lebih ketat mengikuti garis atau lingkaran formasi. Para penari laki-laki dan musisi memasuki area menari pertama, dan mereka mempertahankan garis mereka dan mengikuti pola disinkronisasi. Ketika penari wanita masuk kemudian penari laki-laki memecah garis mereka untuk berbaur dengan penari wanita, yang mempertahankan formasi mereka ketat dan ketertiban tarian. Tarian ini biasanya ditandai dengan postur tertentu; gerakan pinggul, lengan, pergelangan tangan; twirls, squat dan tikungan tetapi tidak melompat. Gerakan tari laki-laki dan perempuan yang sangat mirip, dengan perbedaan hanya kecil tapi halus.
Tarian dilakukan dalam iringan dengan musik Bihu tradisional. Para musisi yang paling penting adalah drumer (dhulia), yang bermain drum berwajah kembar tertentu, dhol , tersampir dari leher dan dimainkan dengan satu tongkat dan telapak tangan. Biasanya ada lebih dari satu dhulia dalam kinerja, dan mereka bermain ritme yang berbeda dan komposisi pada bagian yang berbeda dari kinerja. Komposisi ini ritmis, disebut Seu s, secara tradisional dikodifikasi. Sebelum memasuki area menari, drumer memainkan ritme pendek dan cepat. Seu berubah dan biasanya drumer memasuki area menari di baris. Para mohor xingor Pepa dimainkan umumnya di awal oleh pemain tunggal yang menjabarkan motif yang sendu awal dan yang menentukan suasana hati untuk menari. Para penari laki-laki kemudian masuk ke area dalam pembentukan dan melakukan disertai dengan bernyanyi, di mana semua berpartisipasi. Beberapa instrumen lain yang menyertai tarian ini adalah Taal, jenis simbal bentrokan , yang gogona , buluh dan bambu instrumen, sedangkan Toka , sebuah genta bambu;. dan xutuli, sebuah peluit tanah liat seruling bambu juga sering digunakan. Lagu-lagu (bihu geet) yang menyertai tarian telah diwariskan selama beberapa generasi. Subjek berkisar lirik dari menyambut tahun baru Assam untuk menggambarkan kehidupan sehari-hari seorang petani, dari referensi sejarah invasi ke Assam sampai kontemporer komentar sosial-politik dengan cara yang satir. Meskipun kedua laki-laki & perempuan melakukan tarian Bihu, tetapi perempuan dilakukan tarian bihu memiliki lebih banyak variasi. Ada banyak tahapan dalam tarian Bihu perempuan dilakukan - freehand, memutar, dengan irama Pepa bertiup, dengan Kahi (disk), dengan Jaapi (Assam tutup kepala) dll kinerja itu sendiri bisa menjadi panjang, dimeriahkan dengan perubahan yang cepat dalam ritme, suasana hati , gerakan, kecepatan dan improvisasi, dan penari dan musisi diberikan kesempatan singkat untuk menunjukkan keahlian mereka.
Tarian ini mengambil beberapa bentuk antara kelompok timur laut India yang berbeda, misalnya "Deori Bihu tarian", "Mising Bihu tarian" dll Namun, tujuan yang mendasari tarian tetap sama: untuk mengungkapkan keinginan untuk merasakan rasa sakit dan kebahagiaan ..
Tarian rakyat lain yang muncul dan berkembang di tanah India misalkan: misalnya: chhau dari Benggala Barat, Jharkhand ghoomar dari Rajasthan,  dan sambalpuri dari Orissa, serta Ho Jamalo yaitu tarian Sindhi dan juga lagu Sindhi dinyanyikandengan bahasa Urdu, juga nama tari di Sindhi, Pakistan yang khusus hanya untuk mereka..

Sumber: Wikipedia Indonesia 11/08/2011, 23/09/2011

Tidak ada komentar: